Macam-macam atau Keluarga Sistem Operasi Windows

9:33:00 PM
http://almarakurniawan.com/2015/06/macam-macam-atau-keluarga-sistem.html
Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh microsoft dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Dahulu Windows membuat sistem operasi MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) yang berbasis modus teks dan command-line. Setelah itu barulah muncul sistem operasi yang berbasis Graphical User Interface (GUI) yaitu Windows Graphic Environment 1.0 atau Windows 1.0. Setelah itu banyak sistem operasi baru yang berbasis Graphical User Interface (GUI) yang di keluarkan oleh Microsoft.


Berikut Macam-macam atau Keluarga Sistem Operasi Windows :

  • Windows 1.0
    Sistem operasi Windows 1.0 merupakan sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang pertama kali di luncurkan pertama kali oleh Microsoft Windows pada tanggal 10 November 1983, namun karena banyak hambatan yang terjadi ketika pengembangan berlangsung sistem operasi ini baru di keluarkan ke pasar publik pada bulan November 1985.

  • Windows 2.0
    Sistem operasi Windows 2.0 merupakan versi kedua dari sistem operasi Graphical User Interface (GUI) buatan Microsoft Corporation, yang dirilis pada tanggal 9 Desember 1987 akibat kurang suksesnya Windows versi 1.0. Pada versi ini telah mendukung penggunakan kartu grafis dengan spesifikasi VGA (Video Graphics Array) dan juga mendukung penggunaan prosesor Intel 80286, prosesor yang memiliki kemampuan protected mode.

  • Windows 3.x
    Sistem operasi Windows 3.0 merupakan versi ketiga dari sistem operasi Graphical User Interface (GUI) buatan Microsoft Corporation, yang dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.0 memiliki semua kelebihan dari Windows 2.0. Windows 3.0 cukup sukes di pasaran, tapi Windows 3.1 yang dirilis pada tanggal 6 April 1992 jauh lebih sukses dari pada Windows pendahulunya, Windows 3.1 disebut sebagai Best-Selling GUI dalam sejarah.

  • Windows NT
    Windows NT dirilis pada Juli 1993, merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista. Pada versi Windows NT kurang begitu banyak dukungan dari driver karena pengembangannya dianggap rumit oleh beberapa pengembang. Versi ini juga dianggap boros sumber daya walaupun menawarkan performa yang tinggi.

  • Windows 95
    Windows 95 adalah sistem operasi hibrida 16-bit atau 32-bit yang dirilis pada tanggal 14 Agustus 1995. Pada versi ini telah di perkenalkan menu "Start", Windows Explorer, plug-and-play, program MS-DOS dan browser opsional Microsoft Internet Explorer. 

  • Windows NT 4.0
    Versi Windows NT 4.0 adalah kelanjutan sistem operasi berbasis kernel NT yang diluncurkan pada tanggal 29 Juli 1996. Sistem operasi ini telah mendukung beberapa platform perangkat keras, mulai dari Intel IA-32(x86), PowerPC dari IBM, MIPS, dan DEC Alpha dari Digital Equipment Corporation.

  • Windows 98
    Windows 98 dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, pada versi ini dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95. Di dukung oleh sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar yaitu 2GB. Versi windows 9.x ini di klaim paling stabil dibandingkan versi sebelumnya.  

  • Windows 2000
    Windows 2000 dirilis pada tahun 17 Februari 2000. Windows ini merupakan pengembangan dari Windows NT 4.0. Versi ini berbasis kernel NT terakhir yang mengharuskan si pemakai melakukan aktivasi. Windows 2000 dapat memperbarui komputer yang sebelumnya memakai Windows 98.

  • Windows Me
    Windows Millennium Edition adalah sebuah versi Windows yang didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan ditujukan untuk menggantikan pasar sistem operasi sebelumnya. Windows Me dirilis pada September 2000 dan telah mendukung multimedia dan internet.

  • Windows XP Diluncurkan pada tahun 2001, pada versi ini menggunakan kernel Windows NT 5.1 yang terkenal karena kestabilannya. XP kependekan dari "Experience" dan merupakan Windows 2000 Professional dan Windows Me.

  • Windows Vista
    Windows Vista adalah sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan komputer pribadi (PC) baik rumahan maupun bisnis. Windows ini dirilis pada 30 November 2006 dirancang agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dan juga memikat pengguna dengan adanya Windows Aero GUI dan juga menawarkan Internet Explorer yang lebih aman serta Windows Media Player.

  • Windows 7
    Diluncurkan untuk publik pada 22 Oktober 2009 memiliki keamanan dan fitur-fitur yang baru. Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista.

  • Windows 8 
    Dirilis pada tahun 2011 Windows 8 adalah Windows pertama yang menggunakan start menu metro dan telah menggunakan mikroprossesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Versi ini terus berkembang hingga saat ini yang di kenal dengan Windows 8.1 yang memiliki fitur unik diantaranya proses penginstalan dan booting yang cepat.

  • Windows 10 Windows 10 dijadwalkan akan dirilis pada 29 Juli 2015. Windows 10 dirilis untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna dengan menambah mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
June 6, 2015 at 2:47 PM delete

Nicepost, thanks sudah berbagi :)

Reply
avatar
June 7, 2015 at 10:21 AM delete

Thanks gan buat Infonya sangat bermanfaat

Reply
avatar
ibnu hasan
AUTHOR
June 7, 2015 at 10:25 AM delete

jadi tahu keluarga nya windows ,,,,,,,

Reply
avatar
kupaskomputer
AUTHOR
June 7, 2015 at 9:24 PM delete

Wuih cocok ni, kebetulan saya juga mengulas artikel yang sama
Jangan lupa mampir om. www.kupaskomputer.com

Reply
avatar