Aplikasi Pembersih Komputer Ccleaner

6:00:00 AM
Software atau Aplikasi Pembersih Komputer Ccleaner, sebenarnya apa sih kegunaan dari aplikasi yang di keluarkan oleh Piriform.Inc ini ?. Aplikasi Ccleaner ini sering sekali saya gunakan untuk membersihkan komputer saya, karena yang saya rasakan setelah saya menggunakan aplikasi ini komputer saya akan lebih baik performanya.

Yang perlu anda ketahui adalah setiap kita menggunakan komputer kita, maka disana akan ada sampah sampah atau junk yang tertinggal di komputer. Setiap anda membuka internet, membuka aplikasi, dan memainkan game, maka ia akan meninggalkan history, cache, dan junk atau sampah.


Fungsi dan Kegunaan Aplikasi Ccleaner

Semua itu jika terlalu lama di biarkan, maka akan berdampak secara tidak langusng terhadap komputer kita, karena history, cache, dan junk tersebut akan tersimpan didalan harddisk di ruang C, jika ruang C tersebut penuh, maka komputer anda akan menajdi lambat atau lemot.

Nah, kegunaan aplikasi ini sendiri untuk membersihkan segala masalah itu, selain itu aplikasi ini juga memiliki tampilan serta fitur yang mudah dimengerti oleh siapa pun. Ingin tahu seperti apa sih fitur yang terdapat di software Ccleaner ini ?.

Berikut adalah Fungsi dan Kegunaan Aplikasi Ccleaner :

1. Cleaner
Ya, seperti namanya cleaner, maka fitur ini fungsinya adalah untuk membersihkan segala junk yang terdapat di dalam komputer kita, seperti junk aplikasi, history browser dan juga sampah yang terdapat di dalam sistem operasi anda. Untuk menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah jadi tidak perlu saya jelaskan ya, jika anda kebingungan maka carilah informasinya di internet.

2. Registery
Fitur berikutnya adalah Registery. Registery adalah database atau basis data pada setiap komputer yang disusun secara sistematis dan terurut yang mengandung informasi mengenai setelan dan komfigurasi dari sistem operasi windows, hardware, software, ekstensi, informasi user dan masih banyak lagi.

Nah, Fungsi registery pada Ccleaner adalah untuk mencari registery anda yang bermasalah, error, tidak lengkap atau registery dari aplikasi yang telah di hapus. Jika terdeteksi adanya registery yang bermasalah maka Ccleaner akan membersihkannya.

3. Tools
Didalam fitur ini masih terbagi lagi menjadi sub sub menu, diantaranya :


  • Uninstall : Kegunaan dari fitur ini adalah untuk meng-uninstall atau menghapus program aplikasi atau software yang telah terinstal di komputer Anda. Fitur ini akan memudahkan kita dalam meng-uninstall sebuah program, jadi kita tidak perlu lagi repot repot lagi masuk di add or remove program yang terdapat pada windows.
  • Start Up : Kegunaan dari fitur ini adalah anda dapat mengatur aplikasi aplikasi apa saja yang boleh terload saat start up windows berjalan. Fitur ini akan membuat komputer kita menjadi lebih ringan saat meload windows karena kita dapat menghapus aplikasi start up yang seharusnya tidak perlu.
  • System Restore : Kegunaan dari Fitur ini adalah untuk menghapus System Restore Point pada windows. Perlu Anda ketahui bahwa dalam keadaan default, System Restore (fitur windows) telah diaktifkan oleh windows. Nah, jika System Restore ini diaktifkan, otomatis System Restore tersebut akan melakukan back up secara berkala terhadap system komputer Anda.

    Jadi misalkan System Restore memback up system Anda pada hari ini, kemudian besok software komputer Anda mengalami eror, Anda bisa menggunakan System Restore di windows tersebut untuk mengembalikan komputer seperti hari ini, saat belum terjadi eror.

    Dan yang perlu Anda ketahui lagi, bahwa hasil back up dari System Restore yang disimpan di komputer inilah yang disebut System Restore Point. Semakin banyak System Restore Point yang ditumpuk oleh windows, tentunya semakin membebani komputer Anda.

    Maka dari itu diperlukan aplikasi Ccleaner dengan fitur System Restore yang bisa anda gunakan untuk menghapus System Restore Point yang berlebihan di komputer anda.
  • Drive wiper : Kegunaan dari fitur ini adalah untuk membersihkan file file yang telah terhapus agar tidak dapat dikembaikan lagi dengan menggunakan Software Recovery

    Hal ini dimaksudkan karena setiap Anda menghapus file di dalam komputer Anda, maka secara default windows hanya akan menghapus alamat di mana file tersebut disimpan. Sehingga yang sebenarnya terjadi adalah file tersebut masih ada di dalam hard disk Anda, dan akan terhapus atau tertimpa jika Anda memasukkan file baru di dalam hard disk tersebut.

    Mengapa perlu membersihkan data yang telah terhapus? hal ini dimaksudkan untuk keamanan saja, jadi jika file yang terhapus sangat berharga bagi anda dan anda tidak ingin data tersebut di ketahui oleh orang lain.

    Sebagai catatan pada bagian wipe terdapat dua pilihan, yaitu Free Space Only dan Entire Drive (All Data will be erased). Pilih Free Space Only jika Anda hanya ingin mengosongkan (me-wipe) ruang yang kosong saja. Pilih Entire Drive jika Anda ingin menghapus seluruh file dalam satu drive atau partisi di hard disk dan ini pernah saya baca tidak bisa direcovery lagi.
4. Options
Pada bagian option ini, terdapat sub menu lagi. Salah satu yang akan saya jelaskan adalah fitur Cookies. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat membersihkan Cookie yang berasal dari aplikasi browser Anda.
Yang jelas, begitu banyak sekali fungsi ccleaner yang bisa Anda manfaatkan. Saya sendiri sering menggunakan software ini, karena selain freeware atau gratis, software ini juga ringan dan tidak terlalu berat bagi komputer saya. Kinerja aplikasi ini sangat optimal dan membuat saya puas dengan kinerjanya

Nah, dari ulasan ini dapat saya simpulkan bahwa aplikasi Ccleaner adalah sebuah software gratis yang dikembangkan oleh Piriform yang berguna untuk membersihkan komputer dan menajaga komputer agar dapat bekerja dengan optimal dan juga fitur yang terdapat ddi aplikasi ini sangat mudah digunakan dan cukup bagus.

Demikianlah Aplikasi Pembersih Komputer Ccleaner yang telah saya jabarkan Fungsi dan Kegunaan, serta Fitur yang terdapat di aplikasi Ccleaner ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Nicko Ardhana
AUTHOR
December 27, 2015 at 1:56 PM delete

software yg sering saya pakai nih gan :D
nice gan softwarenya :D

Reply
avatar
Owen paijo
AUTHOR
December 27, 2015 at 8:39 PM delete

Benar, saya juga sering dan rutin make software ini. Lmyn loading system jadi tambah ringan.

Reply
avatar