Pengertian dan Macam-macam Sistem Operasi Komputer

5:00:00 PM
http://almarakurniawan.blogspot.com/2015/06/pengertian-dan-macam-macam-sistem-operasi-komputer.html

Pengertian Sistem Operasi (Operating System : OS)

Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem Operasi bertugas untuk melakukan kontrol manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.


Tujuan Sistem Operasi

Sistem operasi umumnya memiliki tujuan untuk mempermudah kita dalam menggunakan komputer. Berikut ini beberapa tujuan dari sistem operasi :

Sistem Operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan

Sistem Operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien

Sistem Operasi yang disusun, diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan dan pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.


Sistem Operasi Secara Umum Terdiri Dari Beberapa Bagian :

Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory

kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi

Command Interpreter atau Shell, yang bertugas membaca input dari pengguna

pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.

Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.


Menurut Tanebaum, Sistem Operasi Mengalami Perkembangan yang dapat dibagi ke dalam 4 Generasi.


Generasi Awal

Perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual dalam artian belum muncul adanya Sistem Operasi yang secara aotomatis artinya belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.

Generasi Kedua

Di generasi ini sudah diperkenalkannya pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan Batch Processing System.

Generasi Ketiga

Pada generasi ketiga, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Processing System (Multi-Task)

Generasi Keempat

Di masa ini, sudah diperkenalkannya GUI (Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi program atau piranti lunak.

Generasi Selanjutnya

Pada generasi selanjutnya diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini adalah contoh sebuah Sistem Operasi berbasiskan Website yang bekerja di dalam sebuah Sistem Operasi dan pada generasi ini telah diperkenalkan Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti : PDA, Pocket PC, dan lain sebagainya. Di generasi selanjutnya diperkenalkan juga teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstall 1 buah sistem operasi pada perangkat yang bertugas menjadi Server. Selain itu, diperkenalkan pula Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berada seperti : Linux dan Windows.


Macam-macam Sistem Operasi :


Microsoft Windows

http://almarakurniawan.blogspot.com/2015/06/pengertian-dan-macam-macam-sistem-operasi-komputer.html

Terdiri dari : Windows Desktop Enviroment (versi 1.x hingga 3.x), Windows 9x (Windows 95,98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven), Windows 8, dan Windows 10

Lebih lengkap mengenai Sistem Operasi Windows Klik Disini

Unix
http://almarakurniawan.blogspot.com/2015/06/pengertian-dan-macam-macam-sistem-operasi-komputer.html

Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi), MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan di kenal dengan nama darwin) dan GNU/Hurd

MacOS

http://almarakurniawan.blogspot.com/2015/06/pengertian-dan-macam-macam-sistem-operasi-komputer.html
MacOS adalah sistem operasi komputer untuk keluaran Apple yang bisa disebut Mac atau Machintosh. Sistem Operasi yang terbaru dari MacOS X adalah versi 10.9 (Mavericks)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
June 9, 2015 at 12:04 AM delete

Saya termasuk keluarga unix mas, juga keluarga windows alias dualboot, jangan lupa berkunjung ke www.gurubiru.blogspot.com

Reply
avatar