Cara Mengatasi Komputer Yang Melambat atau Lemot

12:31:00 PM
Cara Mengatasi Komputer Yang Melambat atau Lemot

Ketika komputer kita memelambat atau lemot dalam hal performa, apa yang kita rasakan? jawabannya bisa kalian tebak sendiri. Sayapun pernah merasakan hal yang serupa, hampir saja saya ingin sekali membanting komputer tersebut. Padahal spesifikasi komputer saya lumayan tinggi dan cepat dalam hal performa.

Pada dasarnya untuk mengatasi masalah komputer yang terasa memelambat atau lemot adalah dengan melakukan perawatan secara berkala. Mengapa kinerja komputer bisa memelambat atau lemot? dan apakah penyebabnya? Mari kita cari tahu tentang Cara Mengatasi Komputer Yang Lemot.

Kebanyakan komputer melambat atau lemot sering terjadi karena beberapa faktor sebagai berikut :

  • Komputer melambat atau lemot karena kekurangan Memory

Masalah komputer memelambat atau lemot karena minimnya RAM/Memory yang terpasang. Untuk itu Anda bisa mengecek sendiri berapa RAM komputer kita, apakah sudah sesuai standar untuk keperluan Anda sendiri. Kalau belum, coba Anda upgrade RAM tesebut dan sesuaikan dengan spesifikasi komputer Anda agar tidak terjadi overheat.


  • Komputer melambat atau lemot karena terlalu banyak program yang terinstal.



Anda wajib memeriksa program/aplikasi apapun yang sudah terinstal di komputer yang notabene tidak terpakai atau sama sekali anda tidak memerlukannya. Cara untuk meng-uninstalnya Anda bisa klik Control Panel di Start Menu kemudian Add/Remove Program dan pilih program yang akan di uninstal caranya klik kanan program tersebut lalu uninstal.


  • Komputer melambat atau lemot karena banyaknya startup programs.



Hal ini sangat berkaitan dengan point nomor 2, semakin banyak program yang terinstal, maka semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup. Anda bisa mematikan semua start up dengan cara tekan tombol Jendela (Window) + R lalu ketikan: msconfig pilih tab start up disable semua kecuali service antivirus (biasanya nama servicenya itu adalah nama antivirus tersebut) lalu Apply - Ok - Restart.


  • Komputer melambat atau lemot karena Temporary File yang sudah membengkak.



Penyebab komputer melambat atau lemot yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C:Documents and Settingsnama_userLocal SettingsTemp" dan"C:WINDOWSTemp". Cara membersihkannya Anda tinggal download aplikasi CCleaner Pro maupun Free yang berguna untuk membersihkan bekas-bekas file yang sudah di buka berupa temporary, cache dan old prefech data.


  • Komputer melambat atau lemot karena banyaknya program yang berfungsi sebagai "security program"



Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer. Namun, alangkah baiknya Anda tidak menginstal aplikasi tersebut secara berlebihan karena akan menimbulkan crashing terhadap antivirus-antivirus tersebut (pengalaman Saya antivirus 1 menganggap antivirus lainnya adalah virus, begitupun sebaliknya).

Jika Anda memang menginginkan antivirus lebih, Anda bisa menggabungkan antivirus buatan Indonesia yaitu SmadAV dengan antivirus luar. Kenapa memilih SmadAV? Karena, antivirus tersebut sangat ramah dengan antivirus lain (bukan promosi, tapi berdasarkan pengalaman).



  • Komputer melambat atau lemot karena masalah pada Hard Disk

    • Hard Disk merupakan perangkat keras kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi melambat atau lemot. Banyak masalah komputer melambat atau lemot yang disebabkan oleh Hard Disk tersebut, diantaranya :
      • hardisk low space
      • hardisk yang terfragmentasi
      • hardisk yang sudah lama, sehingga RPM-nya menurun
      • hardisk error/bad sector
    • Cara mengatasi komputer melambat atau lemot karena masalah pada hard Disk diatas adalah:
      • upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
      • lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
      • hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
      • perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.



  • Komputer melambat atau lemot karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer.



Ya, penyebab komputer melambat atau lemot juga bisa terjadi karena ada serangan dari virus, malware atau spyware yang bisa menghancurkan file-file di komputer kita. Anda bisa membunuh virus dengan antivirus yang Anda percayai bisa menghancurkan virus tersebut, atau gunakan tools virus killer seperty salitykiller buatan Kaspersky Lab (cari di google).


  • Komputer melambat atau lemot karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.



Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara merepair sistem tersebut memakai CD OS yang Anda gunakan



  • Komputer melambat atau lemot karena masalah hardware overheat.



Hardware overheat baik itu terjadi pada hard disk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, melambat atau lemot atau bahkan sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.


  • Komputer melambat atau lemot karena adanya masalah konektifitas pada jaringan/network.



Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Reset LAN, restart Switch/hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita.

Mungkin itu saja sedikit artikel tentang Cara Mengatasi Komputer Yang Melambat atau lemot, semoga artikel ini dapat membantu dan mengatasi masalah komputer Anda. Terima kasih telah mengunjung blog ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »