Mengetik Dengan 10 Jari Itu Mudah, Ini Dia Tipsnya

6:00:00 AM
Bagi para pemula dalam dunia komputer, Mengetik Dengan Menggunakan 10 jari mungkin adalah hal yang susah dan sulit untuk dilakukan. Namun, sebenarnya mengetik dengan 10 jari bukanlah hal yang sulit melainkan mudah dilakukan asalkan ada ketekunan dan kemauan yang besar untuk melakukannya. Salah satu manfaat dari mengetik 10 jari sendiri adalah anda dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan mengetik anda di microsoft word.



Dari banyak teman saya yang saya perhatikan, kebanyakan dari mereka hanya menggunakan jari telujuk saja untuk mengetik, walaupun ada juga yang menggunakan beberapa jari mereka untuk mengetik. Menurut saya sendiri cara tersebut kuranglah efektif, karena akan memakan waktu yang cukup lama.

Disini saya akan memberikan anda Tips Mudah Belajar Mengetik Dengan 10 Jari, ya walaupun saya sendiri masih dalah tahap belajar, kemampuan saya sendiri tidaklah begitu bagus karena saya hanya bisa menggunakan 8 jari saja, untuk saya jari kelingking adalah jari yang paling sulit untuk digunakan mengetik.
Berikut adalah Tips Mengetik Dengan Menggunakan 10 Jari :


1. Menghapal itu penting, nah disini Anda diharuskan menghapal huruf-huruf yang akan diketik dengan jari anda :
  • Pada Jari Kanan Anda :
    • Ibu Jari atau Jempol : Digunakan untuk mengetik Alt dan Space Bar
    • Jari Telunjuk : Digunakan untuk mengetik huruf B, V, G, F, T, R, angka 4 dan 5

    • Jari Tengah : Digunakan untuk mengetik huruf C, D, E dan angka 3
    • Jari Manis : Digunakan untuk mengetik huruf X, S, W, angka 2
    • Jari Kelingking : Digunakan untuk mengetik huruf Z, A, Q, angka 1 dan tombol Tab, Caps lock, Shift, Ctrl
    • Pada Jari-Jari Tangan Kanan :
      • Ibu Jari atau Jempol : Di gunakan untuk mengetik Alt dan Space bar yaitu sama halnya dengan fungsi pada ibu jari tangan kiri
        • Jari Telunjuk : Di gunakan untuk mengetik huruf M, N, H, J, U, Y, angka 6 dan 7.
        • Jari Tengah : Di gunakan untuk mengetik huruf K, I, tanda koma, dan angka 8
        • Jari Manis : Di gunakan untuk mengetik huruf L, O, tanda titik dan angka 9
        • Jari Kelingking : Di gunakan untuk mengetik huruf P, tanda titik koma, garis miring, tanda petik dan angka 0.
      2. Tekat yang kuat dalam mempelajari hal ini sangat diperlukan. Bagaimana tidak, jika anda tidak memili tekat yang kuat dalam memperlajri sesuatu maka anda pasti tidak akan berhasil melakukan hal tersebut

      3. Menghapal posisi keyboard menjadi salah satu tips untuk anda agar dapat mempercepat proses belajar mengetik dengan 10 jari. Dengan anda menghapal posisi keyboard anda tidak perlu lagi bergantian melihat keyboard lalu melihat monitor karena anda telah menghapal posisi keyboard yang berarti akan membuat pekerjaan anda lebih efisien.

      4. Posisikan jari anda dengan benar pada awal mengertik dengan menempatkan jari pada posisinya. Setiap jari pada tangan anda sudah harus berapa di tempat yang benar. Dalam istilah pengetikan posisi awal seperti ini disebut dengan home row atau finger positions.

      Berikut adalah posisi awal penempatan jari anda : 
      • Letakkan empat jari bagian kiri pada tombol A S D F. Lihatlah pada huruf F maka disana akan anda temukan benjolan kecil yang digunakan untuk meletakkan jari telunjuk anda, maka jari yang lainnya mengikuti letak jari telunjuk anda.
      • Letakkan empat jari bagian kanan anda pada tombol J K L ;. Sama seperti huruf F, pada huruf J juga terdapat benjolan kecil yang digunakan untuk meletakan jari telunjuk anda dilanjutkan dengan 3 jari lainnya.
      • Lalu letakkan ibu jari anda pada tombol space
      5. Seperti yang telah saya katakan, mengetik dengan menggunakan 10 jari anda memiliki banyak manfaat, Berikut adalah manfaat dari mengetik dengan menggunakan 10 jari :
      • Meningkatkan Efisiensi : Mengetik dengan 10 jari akan menginkatkan efisiensitas anda karena pada saat mengetik akan ada pembagian tugas untuk semua jari dibandingkan dengan menggunakan sedikit jari. Dengan mengetik 10 jari maka waktu yang anda gunakan akan lebih singkat dan tidak akan memakan waktu yang lama.
      • Meningkatkan Efektivitas : Dengan mengetik 10 jari maka keefektivitasan anda saat mengetik akan meningkan, anda tidak perlu lagi melihat keyboard pada saat mengetik karena anda hanya perlu melihat ke layar saja dan pastinya akan membuat anda lebih fokus dalam mengerjakan tugas anda.
      • Mengurangi Kelelahan Mental : Mengetik dengan 10 jari akan mengurangi kerja otak anda karena otak tidak perlu lagi mengerjakan dua hal yang berbeda untuk melakukan kegiatan mengetik. Dengan kemampuan mengetik 10 jari ini, maka anda akan lebih fokus ke satu titik saja.
      • Mengurangi Kelelahan Fisik : Mengetik dengan 10 Jari juga akan mengurangi kelelahan fisik anda karena beban mengetik akan terbagi dengan kesepuluh jari anda. Selain itu pekerjaan mengetik anda akan jauh lebih cepat selesai.



      Demikian adalah Tips Mudah Belajar Mengetik Dengan menggunakan 10 Jari. Ingatlah satu hal bahwa tidak ada kata susah bagi kita yang ingin belajar, kalau kita belajar dengan tekun dan giat pastilah apapun itu pasti akan tercapai.



      Bagi anda yang ingin mengetest seberapa cepat anda mengetik dengan menggunakan 10 jari. Anda bisa menggetesnya di 10 Fast Fingers. Silahkan mencoba dan kalau sudah selesai silahkan anda report ke komentar.



      Artikel Terkait

      Previous
      Next Post »