Pengertian Dan Manfaat Situs Sosial Bookmark Untuk Blog

9:16:00 AM
Apa itu situs sosial bookmark ? Pertanyaan tersebut adalah salah satu hal yang paling sering di tanyakan oleh seorang blogger pemula dalam sebuah diskusi maupun pada sebuah forum seputar blogger di dunia maya. Setelah saya mengetahui pengertian dan manfaat situs sosial bookmark untuk blog kali ini saya akan memberikan informasi yang sudah saya dapatkan mengenai sosial bookmark pada blog ini
Apa itu sosial bookmark ? Sosial bookmark adalah sebuah web yang berisi sebuah konten yang didapatkan dari pengunjung yang memasukkan atau menyimpan data yang berupa sebuah link artikel blognya pada web tersebut. Jadi situs sosial bookmark itu isinya hanyalah sebuah cuplikan isi artikel sebuah web yang didapatkan dari pengunjung yang memasukkan link pada menu yang tersedia pada situs web tersebut.

Apakah situs sosial bookmark nggak dianggap copas blog kita sama mbah google ? tentu tidak karena isinya kan hanya sebuah cuplikannya saja nggak 100% full artikel, lalu apakah kuntungan yang didapatkan orang yang menyimpan atau sumbit link artikel pada situs sosial bookmark ?

Yang saya ketahui kebanyakan orang yang sumbit url pada situs sosial bookmark adalah seorang blogger yang memasukkan linknya sendiri, tentu tujuannya adalah mendapatkan backlink dan trafik dari situs sosial bookmark tersebut. Selain itu masih banyak manfaat sosial bookmark untuk sebuah blog, berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari situs sosial bookmark setelah menyimpan atau sumbit url blog didalamnya.

Manfaat situs sosial bookmark untuk blog

1. Mendapatkan Pengunjung
Seperti yang sudah saya katakan tadi dengan sumbit url pada sosial bookmark kita akan mendapatkan pengunjung yang berasal situs tersebut karena situs sosial bookmark itu sendiri merupakan sebuah situs yang banyak pengunjungnya.

2. Mendapatkan backlink
Setelah sumbit url pada situs sosial bookmark, selain untuk mendapatkan pengunjung kita juga akan mendapatkan backlink dari situs tersebut. Tentu backlink yang didapatkan merupakan backlink yang berkualitas karena kebanyakan situs sosial bookmark sudah memiliki pagerank tinggi dan juga merupakan situs dofollow. Jadi melakukan sumbit link artikel pada situs sosial bookmark juga merupakan optimasi SEO off page yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya.

3. Meningkatkan posisi SERP artikel
Backlink dalam sebuah blog merupakan hal yang dapat meningkatkan posisi SERP (Search Engine Result Page), jadi setelah kalian sumbit artikel pada situs sosial bookmark, kalian akan mendapatkan backlink yang berkualitas yang dapat meningkatkan posisi blog kamu pada SERP. Apalagi artikel yang kalian buat juga sudah di optimasi SEO on page pasti blog kalian lah yang muncul pada hasil pertama pencarian search engine.

4. Mempercepat terindexnya artikel
Situs sosial bookmark merupakan situs yang hampir tiap menit update sebuag artikel, dengan demikian situs sosial bookmark akan selalu sering dirayapi oleh Googlebot (Robot Google), tentu jika artikel kalian tersumbit dan ada pada situs tersebut maka artikel kalian juga akan terindex oleh google dengan cepat. Jadi sumbit url pada situs sosial bookmark fungsinya hampir sama sumbit url pada google webmaster tools yang mempercepat pengindexan artikel yang dibuat.

5. Meningkatkan pagerank
Yang saya ketahui banyaknya backlink yang mengarah ke blog, semakin besar kemungkinan blog akan mendapatkan backlink. hmm, saya sendiri kurang faham mengenai cara mendapatkan pagerank jujur saja sampai saat ini saya belum mendapatkannya, jadi sampai sini aja penjelasannya. hehe

Demikianlah informasi dan beberapa manfaat situs sosial bookmark untuk blog, saya harap setelah kalian membaca artikel yang saya buat kalian semakin mengerti apa itu sosial bookmark dan kegunaan sosial bookmark bagi sebuah blog.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »