Teknologi Canggih kri Dari Indonesia

9:51:00 AM
Teknologi canggih dari indonesia | LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) membuat suatu radar  pengawas pantai yang disebut Coastal Surveillance Radar. Radar asli buatan indonesia ini disebut Coastal Surveillance Radar dengan diberikan nama Indonesia Sea Radar (ISRa). Radar ini sangaat berfungsi dalam bidang transportasi. Tak hanya transportasi, radar ini juga berfungsi sebagai sistem pertahanan indonesia dan keamanan. Selain itu ada juga 10 teknologi yang paling canggiih buatan asli indonesia. bagaimana teknologi nya ? berikut beberapa teknologi yang dimiliki indonesia berikut:

1.Panser Anoa


Namanya berawal dari suatu provinsi di indonesia. Yaitu mamalia khas sulawesi, Anoa tak kalah akan kehebatannya dengan buatan eropa. Diciptakannya  dipersiapkan untuk mewujudkan suatu kemandirian dibidang alutsista oleh dapertement pertahanan dan PT.Pindad. panser ini  mampu melaju dengan kecepatan hingga 90km/jam. Dan mampu melompati parit selebar satu meter dan menanjak hingga kemiringan 45 derajat. Teknologi panser indonesia ini juga sudah di lapisi baja anti peluru, yang apabila di tembakin oleh senjata seperti ak-47 atau m-16 maka dijamin akan tidak tembus.


2.Pesawat Gatot Kaca


Pesawat ini asli buatan indonesia. Dari namanya gatot kaca pesawat regional komuter turboprop rancangan asli IPTN (Sekarang PT. Dirgantara Indonesia) yang sekarang Diluncurkan tahun 1995. Kode N di bagian pesawat ini menunjukkan bahwa desaign,produksi dan segalanya dikerjakan  oleh indonesia dan salah satu pakar dalam bidang pesawat Nurtanio, yang merupakan pendiri dan perintis industry penerbangan yang ada di indonesia. Pesawat ini di sebut sebagai primadona IPTN merebut pasar kelas  50-70 penumpang.


3. Smart Eagle II(SE II)


Adalah Prototype pertama UAV (Unma Aerical Verical Vehicle) yang di buat PT.Aviator tekologi indonesia sangat berguna kepentingan intelegen indonesia.
SE dilengkapi 2 mesin tak berdiameter 150cc yang mampu terbang hingga 6 jam. Serta dilengkapi dengan Colour TV camera. SE ini mampu beroprasi dimalam hari dengan menggunakan teknologi  Therman Imaging (TIS) kamera yang untuk opsi pengindraannya.


4.Chip asli buatan Indonesia


Chipset yang bernama Wimax Xirka chipset yang berasal dari indonesia asli. Bukan hal yang mudah dalam membuat chip dengan kompleksitas yang cukup tinggi. Xirka ini mulai dikembangkan pada tahun 2006 yang kawal dengan engginer indonesia.
Chip yang terdiri dari 2 spesifikasi yakni Chipset Xirka untuk Fixed Wimax dan Chipset Xirka untuk Mobile Wimax setiap chipset memliki keunggulan masing masing. Untuk fixed wimax telah di luncurkan pada tahun agustus 2006 . dan yang chipset xirka sudah pula di luncurkan pada quartel ke empat  pada tahun 2009.


5.Peluru Kendali


Roket yang masih jadi pertimbangan dapertemen pertahanan, roket yang bernama RX-420 masih di ragukan sebagai salah satu senjata yang diandalkan di darat. Dengan teknologi ini, indonesia tidak perlu armada kapal atau senjata perang lainnya. Karna faktor biaya yang cukup besar. Ide produksi rudal dalam negri mulai di luncurkan pada tahun 2005. Dengan dana sebesar Rp.2.5 Miliyar. Untuk saat ini lapan telah berhasil meluncurkan roket dengan kekuatan jarak tempuh sekitar 100 kilometer, serta memiliki kecepakatan luncur awal 4 kali dari kecepatan suara.

Siapa yang tidak bangga akan prestasi teknologi  yang di buat di indonesia ini, tentulah semua orang termasuk rakyat indonesia bangga dengan hasil karya anak bangsa. 
Semoga artikel ini dapat membantu  anda dalam mengenal teknologi yang ada di indonesia ini. Sekian mengenai artikel teknologi di indonesia. Semoga bermanfaat!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »