Perbedaan HTTP dan HTTPS Pada Browser

11:33:00 PM
Pada Agustus 2014 Google membuat semua orang terkejut pada saat memperkenalkan pengaktifan HTTPS sebagai sinyal penentu peringkat. Ini berarti situs atau blog yg telah mengubah semua koneksi tidak aman seperti HTTP ke koneksi aman HTTPS, akan mendapatkan dorongan lebih dalam peringkat hasil pencarian google. Membuat perubahan ini tentu melibatkan risiko besar serta banyak menghabiskan biaya tambahan membayar sertifikat SSL pada web hosting. Namun, pengguna Blogspot atau blogger memiliki keuntungan karena Google telah memberikan fitur HTTPS gratis untuk subdomain ".blogspot.com". Belum ada pengumuman mengenai kemungkinan penggunaan HTTPS ke costum domain. Pada posting kali ini kita akan membahas apa perbedaan antara HTTP dan HTTPS.

Apa Perbedaan Antara HTTP Dan HTTPS
Perbedaan mendasar antara HTTP dan HTTPS dalam istilah awam adalah bahwa URL situs yang dimulai dengan HTTPS jauh aman untuk tujuan browsing serta transaksi dibandingkan situs yang menggunakn HTTP dalam url. Perbedaan mendasar lainnya adalah pertukaran data antara server komputer anda dengan komputer pengunjung terlindung. Tidak ada siapa-siapa atau apapun yg menengahi pertukaran data tersebut dalam koneksi HTTPS, ini berarti HTTPS adalah yg paling sulit diretas dibandingkan HTTP. Berikut perbedaan lainnya antara HTTP dan HTTPS :

  1. URL HTTPS akan terlihat seperti ini "https: //" sedangkan URL HTTP dimulai dengan "http: //"
  2. HTTP tidak terenkripsi sehingga rentan terhadap serangan Hacker
  3. HTTPS dienkripsi dengan Transport Layer Security (TLS), dirancang menahan semua serangan hacker. Serangan tersebut termasuk sabotase, spionase dan memodifikasi halaman web demi menyuntikkan malware atau iklan.
  4. Blog blogspot yang diaktifkan HTTPS akan terlihat ada security yang melindungi
  5. Sedangkan blog blogger yang tidak diaktifkan HTTPS akan terlihat bahwa tidak ada security yang melindungi

Karena alasan inilah Google sekarang sangat menganjurkan bagi webmaster beralih ke HTTPS untuk membuat web yg lebih aman bagi penggunanya. Sebagai imbalannya Google akan memberikan peningkatan peringkat blog di hasil pencariannya. Demikianlah penjelasan saya mengenai perbedaan antara HTTP dan HTTPS. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kita semua

Artikel Terkait

Previous
Next Post »